PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN GENERASI Z DI BANJARMASIN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIATOR

Khalimatus - sadiah, Shanty - Komalasari, Silva Yumi Fredita

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh efisiensi diri terhadap tingkat work engagement pada generasi Z di Banjarmasin dengan kepuasan kerja sebagai mediator. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 100 karyawan Generasi Z yang telah bekerja minimal satu tahun, diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Skala efisiensi diri, Skala kepuasan kerja, dan Skala keterikatan kerja yang telah terbukti valid dan reliabel. Proses analisis data meliputi uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, dan uji Sobel sebagai alat untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri tidak memiliki pengaruh langsung terhadap work engagement (β = 0,015; p = 0,918), namun memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (β = 0,530; p < 0,001). Selain itu, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap work engagement (β = 0,471; p = 0,004) dan berperan sebagai mediator dalam hubungan antara efisiensi diri dan work engagement, sebagaimana dibuktikan dengan uji Sobel (Z = 2,250; p = 0,024). Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan keterlibatan kerja dapat dicapai melalui peningkatan efikasi diri yang berkontribusi pada kepuasan kerja karyawan. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam menyusun strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan keterlibatan karyawan melalui peningkatan efikasi diri dan kepuasan kerja. 

 


Keywords


Self-efficacy, Work Engagement, Job Satisfaction, Generation Z, Employees

Full Text:

PDF PDF

References


Anindia, D., dkk. (2023). Solusi E-Book terhadap pembentukan moralitas generasi Z? Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(01), 152–156.

Atieq, M. Q., Basid, R. A., & Jayanti, T. (2023). Gamification pada perusahaan: Dampaknya pada tingkat engagement karyawan generasi Z. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 11(1), 73-92. https://doi.org/10.21043/bisnis.v11i1.19462

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215

Fitri, V. Y., Hartati, R., & Fadhli, M. (2023). Bagaimana efikasi diri bisa meningkatkan work-life balance pada mahasiswa yang bekerja? Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 6(2), 52–59. https://doi.org/10.36341/psi.v6i2.3168

Fleeton, T. (2024) Job satisfaction among generation Z and millenials in the mental health field, 8. Frontiers in psychology. https://digitalcommons.liberty.edu/doctoral/6039

Foci, N. A., Amrina, E., & Hasan, A. (2024). A conceptual model of the impact of employee engagement on the performance of generation Y and generation Z employees. Business Management Journal, 20(1), 63-77. https://doi.org/10.30813/bmj.v20i1.5089

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic econometrics (5th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin

.Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis (7th ed.). Harlow, UK: Pearson Education

Komalasari, S., Hermina, C., Muhaimin, A., Alarabi, M. A., Apriliadi, M. R., Rabbani, N. P. R., & Mokodompit, N. J. D. (2022). Prinsip character of a leader pada generasi Z. Philanthropy: Journal of Psychology, 6(1), 77–91. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.4960

Magliozzi, P. (2024). Employee adaptation in the return-to-office era within financial institutions. Strategic & Management Journal, 5(1). https://doi.org/10.1108/SAMAMJ-05-2024-0016

Mumpuni, A. F., & Handayani, W. (2024). The influence of proactive personality on proactive work behavior through job satisfaction, work engagement, and role breadth self-efficacy at PT PLN UP3 West Surabaya. Journal of Business and Management Studies, 6(1), 76–90. https://doi.org/10.32996/jbms

Nguyen, M. T., & Petchsawang, P. (2024). Encouraging employees’ innovative behavior via the mediating effect of work engagement and the moderating effect of their proactive personality: The case of Generation Z in Vietnam. Management, 10(1), Article 2301162. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2301162

Pandita, D., & Kumar, A. (2022). Transforming people practices by re-structuring job engagement practices for Generation Z: An empirical study. The International Journal of Organizational Analysis, 30(1), 115–129. https://doi.org/10.1108/IJOA-07-2020-2294

Pitasari, N. A. A., & Perdhana, M. S. (2018). Kepuasan kerja karyawan: Studi literatur. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1-11

Putri, A. N. L., & Frianto, A. (2022). Pengaruh self-efficacy terhadap job satisfaction melalui work engagement pada karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 357-369.

Putri, P. K. (2024). Gen Z di dunia kerja: Kepribadian dan motivasi jadi penentu produktivitas kerja. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(1), 30–38.

Ramadhan, N. D., & Budiono. (2023). Pengaruh self-efficacy dan work engagement terhadap employee performance melalui job satisfaction. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(3), 783-796.

Sigaeva, N., Arasli, H., Ozdemir, E., Atai, G., & Capkiner, E. (2022). In search of effective Gen Z engagement in the hospitality industry: Revisiting issues of servant and authentic leadership. Sustainability, 14(20), 13105. https://doi.org/10.3390/su142013105

Toyibah, M., Mulyani, & Komalasari, S. (2024). Kepuasan kerja terhadap turnover intention karyawan PT. Kalimas Kharisma. Jurnal Al Husna, 5(1), 16–27. https://doi.org/10.18592/jah.v5i1.6745

Warr, P., & Nielsen, K. (2018). Wellbeing and work performance. In E. Diener, S. Oishi, & L. Tay (Eds.), Handbook of well-being. Salt Lake City, UT: DEF Publishers

Waworuntu, E. C., Mandagi, D. W., & Pangemanan, A. S. (2022). Work-life balance, job satisfaction, and performance among Millennial and Gen Z employees: A systematic review. Society, 10(2), 384–398. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.464

Widiaty, A. (2024). Pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di Bank XYZ (studi pada generasi Z). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 1504-1530.

Yang, A. A., & Dini, Y. I. F. (2023). Faktor loyalitas karyawan generasi Z: Kepuasan kerja sebagai mediasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(1), 1-14. https://doi.org/10.28932/jmm.v23i1.7022

Yu, J., Ariza-Montes, A., Giorgi, G., Lee, A., & Han, H. (2020). Sustainable relationship development between hotel company and its employees: Linking job embeddedness, job satisfaction, self-efficacy, job performance, work engagement, and turnover. Sustainability, 12(17), 7168. https://doi.org/10.3390/su12177168

Zahroh, S. N. A., Shofia, A., & Komalasari, S. (2024). Self-injury: Factors and psychological impact on early adulthood (Gen-Z). Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 1262–1274. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p1262-1274




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v23i01.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266