STUDI DESKRIPTIF: GAMBARAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA GURU

Marhisar Simatupang, Hamidah Dwi Murniati

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diimplementasikan pada tahun ajaran baru 2022/2023. Saat ditetapkannya kurikulum ini, terdapat beberapa guru yang dinyatakan belum siap dalam menerapkan Kurikulum Merdeka karena dari segi fasilitas sekolah belum memadai, namun sebagian guru juga sudah siap dalam menerapkan kurikulum ini karena fasilitas dan dukungan sudah diberikan. Di satu sisi guru ingin mendapatkan pelatihan lebih banyak lagi agar lebih optimal dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kesiapan untuk berubah pada guru yang menjalani Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan kriteria guru sekolah negeri ataupun swasta, telah menjalani Kurikulum Merdeka minimal 1 semester. Responden sebanyak 399 guru. Alat ukur kesiapan untuk berubah dengan koefisien realibilitas  0,963 dan 41 aitem valid. Hasil penelitian menunjukkan guru yang memiliki kesiapan untuk berubah  tinggi sebesar 63.2% dan memiliki kesiapan untuk berubah yang rendah sebesar 36.8%. Guru berjenis kelamin laki-laki, guru swasta, tingkat pendidikan mengajar PAUD, lamanya menjalankan Kurikulum Merdeka selama >4 semester, memiliki gaji sebesar >5 juta, dan berusia 24-29 tahun memiliki kesiapan untuk berubah yang tinggi.

Keywords


Kesiapan Untuk Berubah, Guru, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF PDF

References


Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Ari Wisudayanti, K. (2021). Kesiapan Menghadapi Perubahan Pada Guru Sekolah Dasar Terhadap Pendidikan Multikultural. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 75–86. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Djide, N. G. N. (2022). Pengaruh Psychological Capital terhadap Readiness for Change pada Guru SMA dan SMK di Kota Makassar. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/16455/

Dwi Miranti, C. D., & Purwanti, M. (2023). Readiness for Change Guru terkait Perubahan Metode Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychological Science and Profession, 7(2), 55. https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i2.47310

Habi Maulana Mahrizal. (2019). Hubungan Job Involvement Dengan Kesiapan Individu Untuk Berubah.

Herwanti, C. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sdn 01 kepahiang. Iain Curup, i–85.

Iktikafia, A. O. (2023). Pengaruh kesiapan individu untuk berubah melalui orientasi belajar. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Karyawan BRI Di Banda Aceh Firas Mahdani, P., Syahriati, E., & Dian Aprilia, E. (2022). Hubungan Antara Perceived Organizational Support Dengan Readiness for Change. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 4(1), 41–56.

Laensadi, A. M. (2015). Pengaruh persepsi kepemimpinan transformasional dan faktor demografik terhadap kesiapan dalam menghadapi perubahan mekanisme kerja organisasi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28841

Meisin. (2022). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I dan IV di Sdn 17 Rejang Lebong. 1–217. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1923%0Ahttp://e-theses.iaincurup.ac.id/1923/1/Meisin%281%29.pdf

Mendoza, S. D., Nieweglowska, E. S., Govindarajan, S., Leon, L. M., Berry, J. D., Tiwari, A., Chaikeeratisak, V., Pogliano, J., Agard, D. A., Bondy-Denomy, J., Chatterjee, P., Jakimo, N., Lee, J., Amrani, N., Rodríguez, T., Koseki, S. R. T., Tysinger, E., Qing, R., Hao, S., Wang, H. (2020). Nature Microbiology, 3(1), 641. http://dx.doi.org/10.1038/s41421-020-0164-0%0A

Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Peran Kesiapan untuk Berubah terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 219–237. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/63

Pratiwi, I., & Artika, A. (2023). Relevansi Filsafat Ki Hajar Dewantara Dalam Pendidikan Matematika di Era Evolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2738–2748. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i9.548

Pratiwi, M. V., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan Antara Ketidakpuasan Pada Tubuh Dengan Harga Diri Pada Wanita Dewasa Awal Anggota Pusat Kebugaran Moethya. Jurnal EMPATI, 9(4), 306–312. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28956

Praxis. (2022). Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

Purwaningsih, I., Hernawati, L., Wardarita, R., & Indah Utami, P. (n.d.). PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901

Rizky, F. P. A., & Dwarawati, D. (2023). Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Readiness for Change pada Guru. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 735–741. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i2.7341

Simatupang, M. (2022). The Role of Optimism and Agility towards Readiness to Change in Implementing Merdeka Belajar Kampus Merdeka. ANALITIKA, 14(2), 123–131. https://doi.org/10.31289/analitika.v14i2.8022

Syahnita, R. (2021). Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 6.

Wardani, V. priskilla. (2013). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar anak kelompok B sekolah taman kanak-kanak dharma wanita se kecamatan kedu kabupaten temanggung. EPrints@UNY, Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, 38. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15165




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v23i01.486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266