ANALISIS REGRESI PERAN MINDFULNESS PARENTING TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI JAKARTA

Yuli Asmi Rozali, Novendawati Wahyu Sitasari, Mariyana Widiastuti, Muhammad Bahrul Ulum

Abstract


Kecenderungan perilaku bullying merupakan perilaku agresif yang bertujuan untuk menyakiti orang lain secara terus menerus dengan posisi yang tidak seimbang antara pelaku dan korban  dalam bentuk verbal dan fisik. Responden dalam penelitian ii adalah siswa Sekolah Dasar Negeri di Jakarta, Kelas 5 dan 6 yang berada pada fase late childhood. Di fase ini idelanya siswa tersebut telah mampu melakukan jainan relasi social dengan teman sebayanya maupun orang-orang yang berada di sekitarnya. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak semua siswa yang berada di masa late childhood mampu melaksanakan tugas perkembangannya dengan sukses, terbukti dengan tingginya kasus bullying  yang terjadi  di semua level pendidikan tak terkecuali level pendidikan Sekolah Dasar. Bullying yang terjadi bukan hanya berbentuk verbal saja namun juga fisik bahkan menyebabkan nyawa korban melayang alias meninggal dunia. Di duga peran pengasuhan orang tua menjadi salah satu factor penting yang diharapkan dapat menurunkan perilaku bullying  yaitu gaya pengasuhan imindfulness atau disebut mindfulness parenting. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran mindfulness parenting terhadap kecenderungan perilaku bullying pada siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas 5 dan 6 di Jakarta. Metode penelitian ini berjenis kuantitatif non eksperimental yang berjenis kausalitas. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah cluster random rampling dengan jumlah 384 respondens Siswa Sekolah Dasar Negeri kelas 5 dan 6 di Jakarta. Instrument penelitian yang digunakan adalah Skala Mindfulness parenting dengan 33 aitem valid, sedangkan skala kecenderungan perilaku bullying memiliki 22 aitem valid dengan masing-masing reliabilitas (α) = 0,901 dan (α) = 0,975. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai sig. (p) = 0,000 ; (p) < 0,05 dengan nilai koefisien = - 0,265 artinya terdapat pengaruh negatif signifikan mindfulness parenting  terhadap kecenderungan perilaku bullying pada siswa Sekolah Dasar Negeri kelas 5 dan 6 di Jakarta. Siswa Sekolah Dasar,  kelas 5 dan 6, di Jakarta, yang yang diasuh dengan mindfulness parenting sejumlah 202 (52.6%), sedangkan 182 responden (47,4%) tidak diasuh dengan mindfulness parenting. Kecenderungan perilaku  ullying yang tinggi sejumlah 195 responden (50,8%), sedangkan kecenderungan perilaku bullying rendah sebanyak 188 responden (49,2%).


Keywords


Mindfulness Parenting, Kecenderungan Perilaku Bullying, Siswa Kelas 5 dan 6, Sekolah Dasar Negeri Jakarta.

Full Text:

PDF PDF

References


Alhikmah, H. (2023). Dampak dan Solusi Terhadap Merebaknya Kasus Bullying di Kalangan Pelajar di Indonesia. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/hidayatun02014/658c1bc712d50f1dba54d312/dampak-dan-solusi-terhadap-merebaknya-kasus-bullying-di-kalangan-pelajar-di-indonesia

Annur, C. M. (2023). BPS : Siswa Laki-laki Lebih Banyak J




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v23i01.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266