PENGARUH METODE BELAJAR TUTOR SEBAYATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP ISLAM AL-CHASANAH
Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of peer tutor learning methods on mathematics learning achievement of seventh grades students of Al-Chasanah Islamic Junior High School, Jakarta. The hypothesis in this study, there is an effect of using peer tutoring methods on student achievement mathematics. The subjects in this study are the seventh grade students of Al-Chasanah Islamic Junior High School. The samples in this study are 20 students in class B. This study used the paired sample t-test technique to test the hypothesis. This study takes a confidence level of 95%, which means that if the t value is above 1.96 then the alternative hypothesis can be accepted. The result of t count in this study is 19.230, while the value of t table for the 95% significance level with df 19 is 2.093, then tresult > ttable,, it can be concluded that there is an effect of the peer tutor method on the mathematics learning achievement of seventh grade students of SMP Islam Al-Chasanah, Jakarta.
Keywords : Peer Tutor Learning, Achivements, Seventh Grades Students, Mathematics.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Chasanah, Jakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adlaah siswa kelas VII SMP Islam Al-Chasanah. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa yang berada pada kelas B. Penelitian ini menggunakan teknik paired sample t-test untuk melakukan uji hipotesis. Penelitian ini mengambil tingkat kepercayaan sebesar 95% yang berarti jika nilai t diatas 1,96 maka hipotesis alternatif dapat diterima. Hasil t hitung pada penelitian ini bernilai 19,230 sedangkan nilai t tabel untuk tingkat signifikansi 95% dengan df 19 adalah 2,093. sehingga dapat dikatakan bahwa t hitung> nilai t tabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Chasanah, Jakarta.
Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Prestasi Belajar, Siswa SMP, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Annes. (2013). A study of academic achievement in relation to intellegence of class VII students. Excellence International Journal of Education and Research, 1(3), 239–248.
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasar regulasi diri. Makara Human Behavior Studies in Asia, 14(2), 91–97. https://doi.org/10.7454/mssh.v14i2.666
Ekawati, D., & Karmila, K. (2017). Pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i1.15
Febianti, Y. N. (2014). Peer teaching (tutor sebaya) sebagai metode pembelajaran untuk melatih siswa mengajar. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(2), 80–87.
Irsan, I. (2018). Peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan metode tutor sebaya pada murid Kelas IV SDN Topa Baubau. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(2), 558–571. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1421
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100. www.arcjournals.org
Lawrence, A S. A., & Vimala, A. (2012). School environment and academic achievement of standard IX students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 2(3), 210–215.
Pertiwi, A. (2018). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap efikasi diri dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar [Universitas Negeri Makasar]. http://eprints.unm.ac.id/10776/
Rachmadhani, I. D., & Ardat, A. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran active learning dengan teknik tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Medan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 106–199. https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5438
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology, 6th ed. In McGraw-Hill Education.
Seniati, L., Yulianto, A., Bernadette, S. (2005). Psikologi Eksperimen (S. Darwin (ed.)). Indeks.
Subagiyo, L., & Safrudiannur. (2014). Implementasi kurikulum 2013 pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di Kalimantan Timur Tahun 2013/2014. Pancaran, 3(4), 131–144.
Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Mengajar. In Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suprijadi, D. (2010). Pengaruh tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Daarussalaam Jakarta. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta, 3(2), 127–135.
Winahyu, R. (2012). Peningkatan prestasi belajar matematika dengan metode tutor sebaya pada siswa kelas 8 SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Cope: Jurnal Ilmiah Guru, 2(1), 19–25.
DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v19i01.107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia
Telp : 021-5674223 ext 266