PERILAKU AGRESIF SISWA DILIHAT DARI REGULASI EMOSI

Suci Putryani, Nina Zulida Situmorang, Khoiruddin Bashori, Muhammad Nur Syuhada

Abstract


Regulasi emosi sangat penting dimiliki oleh setiap siswa agar bisa terhindar dari perilaku agresif yang akan merugikan semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara regulasi emosi dengan perilaku agresif siswa SMK di DIY. Subjek penelitian berjumlah 101 siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, alat pengumpulan data menggunakan skala regulasi emosi dan perilaku agresif. Hasil korelasi menunjukkan nilai koefisien R sebesar 0.552 dengan taraf signifikan (p) sebesar 0.000 (p<0.01). Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara perilaku agresif dan regulasi emosi pada siswa SMK di DIY. Semakin tinggi regulasi emosi maka semakin rendah perilaku agresif siswa, dan sebaliknya semakin rendah regulasi emosi maka semakin tinggi perilaku agresif siswa

Keywords


regulasi emosi, perilaku agresif, siswa

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2016). Validitas dan reliabilitas edisi IV (IV). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 63(3), 452.

Damarjati, T. (2020). Polda DIY Tangani 40 Kasus Klitih Setahun Terakhir. IDN TiIMES JOGJA. Retrieved from https://jogja.idntimes.com/news/jogja/tunggul-damarjati/polda-diy-tangani-40-kasus-klitih-setahun-terakhir/3

Greenberg, L. S. (2007). Coming of age. Department of Psychology, 90(10), 30–34. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1468-2850.2007.00101.x

Greenberg, L. S. (2015). Emotion-focused therapy: Coaching clients to work through their feelings (2nd ed.). (2nd ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.1037/14692-000

Gross, J. J. (2014). Emotion regulation: Conceptual and empirical foundations. In Handbook of emotion regulation (pp. 3–20). The Guilford Press.

Gross, J. J. (2015). Emotion Regulation: Current Status and Future Prospects. Psychological Inquiry, 26(1), 1–26. https://doi.org/10.1080/1047840X.2014.940781

Hsieh, I. J., & Chen, Y. Y. (2017). Determinants of aggressive behavior: Interactive effects of emotional regulation and inhibitory control. PLoS ONE, 12(4), 1–9. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0175651

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Mauss, I. B., Cook, C. L., & Gross, J. J. (2007). Automatic emotion regulation during anger provocation. Journal of Experimental Social Psychology, 43(5), 698–711. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2006.07.003

Muchsin. (2019, September). Angka Tawuran Meningkat Dari Tahun ke Tahun, Ratusan Muda-mudi di Pamekasan Ikrar Anti Tawuran. Surya.Co.Id. Retrieved from https://surabaya.tribunnews.com/2019/09/22/angka-tawuran-meningkat-dari-tahun-ke-tahun-ratusan-muda-mudi-di-pamekasan-ikrar-anti-tawuran

Restu, Y., & Yusri. (2013). Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211074-0-00

Roberton, T., Daffern, M., & Bucks, R. S. (2012). Emotion regulation and aggression. Aggression and Violent Behavior, 17(1), 72–82. https://doi.org/10.1016/j.avb.2011.09.006

Salmiati. (2015). Perilaku Agresif Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Siswa Smp Negeri 8 Makassar). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 66. h ttps://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1357

Spano, S. (2004). Stages of Adolescent Development. Youth Upstate Center of Excellence, 1(1), 1–4.

Thohar, S. F. (2017). Regulasi Emosi Sebagai Prediktor Perilaku Agresivitas Remaja Warga Binaan LPKA. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(1), 29. https://doi.org/10.18860/psi.v15i1.6660




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v19i2.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266