EFEKTIVITAS PARENTING SKILL DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESI ANAK USIA DINI

Firsty Oktaria Grahani

Abstract


Abstract

Teachers are professional educators with the primary task of educating, teaching, guiding, directing, training, assessing, and evaluating learners. In addition to having a status as a teacher, the teacher is part of the organization, the school. The relationship between teacher and principal is the relationship between superiors and subordinates. In addition to the principal, teachers also have a hierarchical relationship with the foundation. Usually foundations in a school have a considerable share of the continuity of the school, although it has actually been represented by the principal. In reality, however, many schools are struck by authoritarianism and one-way communication. The purpose of this research is to know the influence of leadership style on teacher assertive behavior and get description about teacher assertivity ability toward superiors. This research uses non-experimental quantitative method by using desiccant-comparative research research is ex post facto. Subjects in this study were teachers of SD-IT X, Cengkareng, West Jakarta, who taught grade 1 to class VI. The analysis tool used is Sperman test which is used to analyze the influence of leadership style with teacher-grade asertivitas SD-IT, X, Cengkareng, West Jakarta. Based on the result of statistical test of spearman obtained by significance value equal to p = 0.17; p> 0.05, meaning that there is no influence of leadership style on teacher assertiveness of SDIT, West Jakarta or hypothesis rejected.

 

Keyword: style of leadership, assertivity, teacher

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan parenting skill dalam memengaruhi knowledge dan skill yang dimiliki ibu dari anak yang berperilaku agresif.Pelatihan ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dengan pendekatan reflektif dan partisipatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Aktivitas dalam pelatihan ini adalah meminta orang tua untuk melakukan refleksi diri mengenai teknik-teknik menangani anak, membuat jurnal harian selama satu minggu, melakukan analisa kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai pre-post test pada pemahaman orang tua dengan nilai ibu R, t= -1,00 dan p=0,317 (p>0,05) dan untuk ibu D nilai t=-1,134 dan p=0,257 (p>0,05) t=-1,134, p>0.05, yang menunjukkan tidak terjadi peningkatan pemahaman orang tua terkait dengan perilaku agresi anak dan tidak terdapat perbedaan nilai pre-post test pada angket ketrampilan orang tua dengan nilai untuk ibu R t= -0,378 dan p=0,705 (p>0,05) dan untuk ibu D nilai t=-0,816 dan p=0,414 (p>0,05) yang menunjukkan tidak terjadi peningkatan ketrampilan orang tua dalam menangani perilaku agresi anak. Sedangkan berdasarkan skor kuantitatif untuk pre-postest pemahaman orang tua dan ketrampilan orangtua terjadi peningkatan , skor untuk ibu D dari 48 menjadi 41 dan skor ibu R dari 50 menjadi 47 (angket bersifat negatif sehingga semakin rendah skor berarti semakin tinggi artinya ibu semakin tidak menyetujui perilaku tersebut dilakukan oleh anak). Untuk pre-postest ketrampilan orangtua terjadi kenaikan skor pretest dan posttest, ibu D dari 67 menjadi 69 dan untuk ibu R dari 79 menjadi 80.

 

Kata kunci: pelatihan parenting skill, perilaku agresi, anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Allport, G.W. (1935). “Attitudes” in A Handbook of Social Psychology. Worchester, MA: Clark University Press.

Bandura, Albert., Dorothea Ross., & Sheila Ross. (1961). Transmission of aggression through imitation of aggression models. Diunduh tanggal 19 Agustus 2011 dari http://psychclassics. yorku.ca/Bandura/bobo.htm.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Adisson-Wesley

Gunarsa, S. (2003). Pengantar psikologi perkembangan: Anak dan remaja. Cetakan kedelapan belas. Bandung: Penerbit PT. Rosdakarya.

Haberstick, Schmitz, Young, Hewitt. (2006). Genes and developmental stability of aggressive behavior problems at home and school in a community sample of twins Aged 7–12. Behav Genet, 36:809–819

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan “suatu pendekatan dalam rentang kehidupan”. Edisi kelima, cetakan ketujuh, Jakarta: penerbit PT. Gramedia.

Kaufmann, James. (1981). Characteristic of children’s behavior disorders. Charles E. Merrill Publishing company: United States of America.

Veronica, F. (2007). Pola asuh orangtua, harga diri dan perilaku bullying di sekolah. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Surabaya. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v15i1.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266