GAMBARAN TUGAS PERKEMBANGAN MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Safitri Safitri

Abstract


Abstract

Initial guidance with established structured Advisors (PAs) is not easy to recognize the personal issues involved in the learning process. The PAs have not fully served the role of mentor who must be able to understand his psychosocial guidance. For that we need more specific data especially on the task of student development. The purpose of this study is to see how the picture and the different tasks of the development of psychology students from each generation. The research method is quantitative descriptive and inferential different test result of student development task. Responde is a student of regular psychology and parallel EU Unggul Unggul force of 2015-2017. Measuring tool uses Student Development Assignment (ITP-PT) from Universitas Pendidikan Indonesia. The result of the research shows that the highest average of development task is psychology student of parallel 2016 which is 5,74 and the lowest is 2016 regular psychology student that is 5,50. The lowest aspect of the majority is aspect 2 (the basis of ethical behavior), and the highest aspect 7 (self-acceptance and development). There are 3 aspects that have below average values for each force ie aspect 2 (ethical behavioral basis), 3 (emotional maturity) and 4 (intellectual maturity), which is an internal aspect of the student. And there are 2 aspects above average for each force that is aspect 6 (social role as man and woman), and 7 (self acceptance and development), which is external aspect. The test result is different between aspect of developmental task of student with force, difference of developmental task of psychology student of each generation with value of sig (p) 0,0

 

Keywords: developmental tasks, students, academic advisors

 

Abstrak

Bimbingan tahap awal dengan para Penasehat Akademik (PA) yang telah dibuat terstruktur tidak mudah mengenali permasalahan pribadi yang terkait dalam proses pembelajaran. Para PA belum sepenuhnya menjalani peran sebagai mentor yang harus dapat memahami psikososial bimbingannya. Untuk itu dibutuhkan data yang lebih spesifik terutama mengenai tugas perkembangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gambaran dan perbedaan tugas perkembangan mahasiswa psikologi dari tiap angkatan. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif dan inferensial uji beda hasil tugas perkembangan mahasiswa. Responde adalah mahasiswa psikologi reguler dan paralel Universitas Esa Unggul angkatan 2015-2017. Alat ukur menggunakan Inventori Tugas Perkembangan mahasiswa (ITP-PT) dari Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata tugas perkembangan paling tinggi adalah pada mahasiswa psikologi 2016 paralel yaitu 5,74 dan terendah mahasiswa psikologi 2016 reguler yaitu 5,50. Aspek terendah mayoritas adalah aspek 2 (landasan perilaku etis), dan tertinggi aspek 7 (penerimaan diri dan pengembangannya).Ada 3 aspek yang mempunyai nilai dibawah rata-rata untuk setiap angkatan yaitu aspek 2 )landasan perilaku etis), 3 (kematangan emosional) dan 4 (kematangan intelektual), yang merupakan aspek internal dari mahasiswa. Dan ada 2 aspek diatas rata-rata untuk setiap angkatan yaitu aspek 6 (peran sosial sebagai pria dan wanita), dan 7 (penerimaan diri dan pengembangannya), yang merupakan aspek eksternal. Hasil uji beda antara aspek tugas perkembangan mahasiswa dengan angkatan, menunjukkan ada perbedaan tugas perkembangan dari mahasiswa psikologi tiap angkatan dengan nilai sig (p) 0,0

 

Kata kunci : tugas perkembangan, mahasiswa, penasehat akademis


Full Text:

PDF

References


Fuaddillah Putra. 2017, “Ketercapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa SMA Dan Siswa Pondok Pesantren”. Jurnal Counseling Care, Volume 1, Nomor 1, bulan April

Hurlock Elizabeth,. 2003, Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”, Edisi ke lima Erlangga, Jakarta

Safitri, 2009,“Analisis kebutuhan layanan bimbingan mahasiswa, kebijakan, program dan implementasinya; Hibah bersaing PHKI –A,

Safitri, “Manfaat Program Mentor bagi Siswa Minoritas di Lingkungan Pendidikan”, Kajian Jurnal: Mentoring in a Post-Affirmative Action World; ISSN 1907-7483, 2011

Safitri, “Peningkatan pembelajaran statistika melalui metoda Active Learning”, Jurnal Psikologi jurnal Psikologi Volume 11 nomor 1, Juni 2013; ISSN 1907-7483, 2013

Safitri , “Model konseling melalui psikodrama dan hipnoterapi untuk meningkatkan potensi akademik mahasiswa psikologi2013”; Forum Ilmiah, ISSN 1693-4466,2016,

Safitri, “Model Onseling melalui psikodrama dan hipnoterapi untuk meningkatkan potensi akademik mahasiswa; e-Journal Esakta Widya, Agustus 2017

Santrock John W., 2014, “Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika, Jakarta, 2014

Sunarya dkk., 2003, Petunjuk Teknis Inventori Tugas Perkembangan Mahasiswa (ITP-PT), Universitas Pendidika Indonesia, Bandung

Susanti, Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa, Jurnal Al;-Ta’lim, Jilid I, Nomor 6 November 2013 : 480-487, 2013

Syamsu Yusuf LN, Juntika Nhsan “Penyusunan Program BK Berbasis Perkembangan”. UPI Bandun, 2013.




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v16i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266