PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA DI PONDOK PESANTREN
Abstract
Abstract
The aim of study is to determine the effect of emotional intelligence on social adjustment in adolescents at boarding school. This study uses a quantitative approach with data collection techniques using questionnaires. Respondents in this study are junior high school adolescent in boarding school, amounting to 155 people with age range 11-14 year. The sampling technique used is purposive sampling. This study uses two instruments namely, the scale of social adjustment and the scale of emotional intelligence. Based on calculation result with simple linear regression using SPSS version 20.0 for windows obtained R2 equal to 0,079 with significance 0,000 (p <0,05), proven there is influence between emotional intelligence to social adjustment in adolescence equal to 7,9% and the rest influenced by other factor . The results of this study showed that emotional intelligence significantly give effect to adolescent social adjustment in boarding school. In this study also known the value of social adjustment and adolescent emotional intelligence in boarding schools are at a moderate level.
Keywords: social adjustment, emotional intelligence, adolescence.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial pada remaja di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Responden pada penelitian ini adalah remaja SMP di pondok pesantren, berjumlah 155 orang dengan rentang usia 11-14 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu, skala penyesuaian sosial dan skala kecerdasan emosi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 20.0 for windows diperoleh R2 sebesar 0,079 dengan signifikansi 0,000 (p <0,05), terbukti ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial pada remaja sebesar 7,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosi secara signifikan memberi pengaruh terhadap penyesuaian sosial remaja di pondok pesantren. Dalam penelitian ini juga diketahui nilai penyesuaian sosial dan kecerdasan emosi remaja di pondok pesantren berada pada tingkat sedang.
Kata kunci: penyesuaian sosial, kecerdasan emosi, remaja.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, R., Widodo, R. B., Yani, I. F., Romdin, A. (2005). Pemberdayaan pesantren: menuju kemandirian dan profesionalisme santri dengen metode daurah kebudayaan. Yogyakarta: PT.LKiS Pelangi Aksara Yogyakarta.
Asyanti, S., Sofiati, M. & Sudardjo. (2002). Penyesuaian sosial di sekolah pada siswa-siswa SLTP penderita asma. Indigeneus 6 (1), 59-69.
Chaplin, J. P. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali.
Cobb, N. J. (2001). Adolesence, jilid 4. Toronto: Myfield.
Davidoff, L.L. (1991). Psikologi suatu pengantar. Jakarta: Erlangga
Engelberg, E. & Sjoberg, L. (2004). Emotional intelligence, affect intensity, and social adjustment. Journal Personality and Individual Differences 37, 533–542.
Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Huda, M. N. & Yani, M. T. (2015). Pelanggaran santri terhadap peraturan tata tertib pondok pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Lamongan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan 2 (3), 740-753.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Igbo, J. N.,Nwaka, R. N., Nbagwu, F. & Mezieobi, D. (2016). Emotional Intelligence as a Correlate of Social and Academic Adjustment of First Year University Students in South East GEO-Political Zone of Nigeria. ABC Journal of Advances Research, 5 (1), 9-20.
Jdaitawi, M. T., Ishak, N. A. & Mustafa, F. T. (2011). Emotional Intelligence in moodifiying and social adjustment among first years university student in North Jordan. International journal of psychological studies. 3 (2), 135-141.
Kemenag. (2015). Apresiasi Pendidikan Islam 2015: Memacu Budaya Berprestasi Dalam Pendidikan Islam. Diakses darihttp://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detil&id=8963#.Wjbox_ROLiU
Mastuhu. (1994). Dinamika sistempendidikanpesantren. Jakarta: INS.
Papalia, D.E., Olds, S.W. & Feldman, R.D. (2009). Human Development. (edisi kesebelas). New York: Mc Graw Hill.
Punia, S. & Sangwan, S. (2011). Emotional Intelligence and Social Adaptation of School Children. J Psychology, 2 (2), 83-87.
Purnama, R. R. (2016). Khalid tidakdiculiktapikaburdaripesantren.Diaksesdarihttps://metro.sindonews.com/read/1098850/170/kholid-tak-diculik-tapi-kabur-dari-pesantren-1459944761
Putri, C. N. (2017). Inialasan orang tua masa kini memilih pesantren untuk anak. Diakeses dari https://www.femina.co.id/family/ini-alasan-orang-tua-masa-kini-memilih-pesantren-untuk-anak
Rahmawati, R. F. (2016). Konseling budaya pesantren (Studi deskriptif terhadap pelayanan bimbingan konseling bagi santri baru). Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7 (1), 61-84.
Salovey, P. & Mayer, J. D. (1990). Emotional Intelligence. Journal Baywood Publishing Co., Inc. 185-211.
Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). (Jilid kesatu, ed. 13).Jakarta: Erlangga.
Santrock, J.W. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga.
Schneiders, A. A. (1964). Personal Adjustment and mental health. New York: Holt Rinehart & Winston.
Seoki, E. A. (2016). The effect emotional intelligence training on social adjustment of students.Intenational Research Journal of Applied and Basic Sciences 10 (5), 610-614.
Setianingsih, E., Uyun, Z. & Yuwono, S. (2006). Hubungan antara penyesuaian sosial dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan kecenderungan perilaku delikuen pada remaja. Jurnal Psikologi 3 (1), 29-35.
Yuliati, E. N. (2015) Kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi 3 (1) [Abstrak]. Diakses dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jop/article/view/2142/0
DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v16i1.28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia
Telp : 021-5674223 ext 266