Efektifitas Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Pada Anak Usia Sekolah Sadar

Qorina Sa'adah, Aulia Rahma, Muhammad Jamaluddin

Abstract


Manusia pada dasarnya selalu bersinggungan dengan interaksi dalam lingkungannya. Interaksi tersebut melibatkan banyak aspek dalam diri individu. Salah satu aspek yang memiliki peran besar dalam setiap interaksi dalam lingkungan masyarakat sekitar adalah aspek moral. Aspek tersebut menjadikan individu diterima atau tidak dalam suatu lingkungan masyarakatnya. Pentingnya perkembangan moral bagi anak dalam kehidupan dan besarnya manfaat dan pencapaian tujuan pada metode mendongeng dalam menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai moral, menjadikan keduanya dinilai dapat menjadi saling berhubungan dan memberikan pengaruh. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas metode mendongeng dalam meingkatkan perkembangan moral pada anak. Penentuan subjek dilakukan secara acak, dan didapatkan lima subjek usia anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimental yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sebab akibat dari dua variabel melalui suatu perlakuan yang dilakukan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontrol group pretest-posttest. Hasil penelitian melalui uji paired t-test menunjukkan angka signifikasansi sebesar (2-tailed) p = 0,02, < 0,05 dimana adanya perubahan yang signifikan pada perkembangan moral anak antara sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan mendongeng. Maka metode mendongeng menjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam membimbing perkembangan anak.

 


Keywords


Perkembangan moral, anak, mendongeng.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v21i2.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266