TINGGI RENDAHNYA KEBERFUNGSIAN KELUARGA DALAM MENCIPTAKAN KESIAPAN SISWA DALAM BELAJAR SETELAH PANDEMI
Abstract
Perubahan kebiasaan di masa pandemi memerlukan adanya kesiapan mental dalam menghadapi pembelajaran setelah pandemi berakhir. Perubahan sistem sekolah daring yang diberlakukan 100% di masa pandemi lalu, tentunya telah membentuk perilaku siswa dalam belajarnya. Pada sistem pembelajaran daring siswa dapat menggunakan semua sumber pustaka untuk menemukan informasi yang diperlukan dalam belajarnya. Tak jarang dan tak sedikit terdapat beberapa siswa yang melakukan copy paste dari internet untuk kemudian diakui sebagai tugas pribadinya. Oleh karena itu diperlukan kesiapan belajar siswa untuk kembali belajar secara tatap muka langsung. Dan dalam melakukan perannya tersebut diharapkan kehadiran keluarga dapat membentuk kesiapan mental dalam belajar pada siswa. Oleh karena itu penguatan fungsi keluarga sebagai fungsi perlindungan, fungsi sosial dan pendidikan harus terus ditingkatkan
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v21i01.321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia
Telp : 021-5674223 ext 266