PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN DIRI PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KEBON JERUK
Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi untuk meningkatkan manajemen diri pada penyandang diabetes mellitus tipe 2. Upaya untuk penanganan pada penderita diabetes harus dilakukan secara integratif yaitu secara biopsikososial. Di dalam pelayanan kesehatan primer (Puskesmas) masih banyak dilakukan penanganan secara medis dan kurang memperhatikan secara psikologis. Oleh karena itu perlu adanya segera penanganan secara integratif termasuk psikologis. Sebagai penyakit kronis, penanganan terhadap diabetes dapat dilakukan dengan manajemen diri sehingga dapat mengkontrol gula darah bagi penderita. Di dalam penelitian ini akan dilakukan penangan atau intervensi psikologis kepada pasien diabetes mellitus tipe II. Intervensi yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan psikoedukasi berupa 1) pengenalan aspek psikologis yang mempengaruhi diabetes, 2) Cognitive Behaviour Therapy kelompok 3) memberikan mindfulness agar peserta menyadari dan menerima diri tentang penyakitnya, serta relaksasi untuk meringankan beban bagi penderita. Partisipan dalam penelitian ini ada 14 peserta dengan penyandang DM tipe II. Pengukuran dengan Skala Manajemen Diri Diabetes (SMDD). Analisis data kuantitatif menggunakan nonparametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Analisis data kualitatif dari hasil observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa probabilitas sebesar 0,021, nilai ini menunjukkan bahwa probabilitas di bawah 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dapat meningkatkan manajemen diri pada penyandangan diabetes mellitus tipe II.
Kata kunci: psikoedukasi, manajemen diri, diabetes mellitustipe 2
Full Text:
PDFReferences
Alonzo, A, Grey, M, McCorkle, R., Redeker, N, Reynolds, N, Whittemore, R. (2012). Processes of Self-Management in Chronic Illness. J Nurs Scholarsh. doi: 10.1111/j.1547-012.01444.x. CT, USA: Pubmed Central and the Academy of Nutrition and Dietetics.
Chaplin, J.P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Fisher, L., Skaff, M. M., Mullan, J. T., Areant, P., Glasgow, R., & Masharani, U. (2008). Psychological Issues : A longitudinal study of affective and anxiety disorders, depressive affect and diabetes mellitus distress in adults with Type 2 diabetes mellitus. Diabetic Medicine,25, 1096–1101. doi:10.1111/j.1464-5491.2008.02533x
Hasanat, U.N., Widyastuti, I.T., Kartika, K.I, Devitarani, L, & Ningrum, R.P. (2010). Program pikoedukasi penderita diabetes melitus dan keluarganya. Yogyakarta: Ikatan Psikologi Klinis.
Hajar, R.D. (2003). Pendekatan Common Sense Model Untuk Meningkatkan Manajemen Diri pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Rumah Sakit Umum. (Tesis, tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Lorig, Kate R., Dr. P. H. & Holman, Halsted R., M. D. Self-management education: History, definition, outcomes, and mechanisms. Annuals of Behavioral Medicine, Volume 26, Issue 1 , pp 1-7. 2003-08. USA: Springer-Verlag doi doi.1207/S15324796ABM2601_01,
Macomber, J.L. (2010). Publication manual of the American Psychological Association, sixth edition. Washington, DC: American Psychological Association
Murray E., (2012). Web-Based Interventions for Behavior Change and Self-Management: Potential, Pitfalls, and Progress. Med 2 0 2012;1(2):e3. Published on 14.08.12 in Vol 1, No 2 (2012): Jul-Dec. UK: JMIR Publication. URL: ://www.medicine20.com/2012/2/e3. DOI: 10.2196/med20.1741
Paul, G. M., Smith, S. M., Whitford, D. L., O’Shea, E., O’Kelly, F & O’Dowd, T. (2007). Peer support in type 2 diabetes: a randomised controlled trial in primary care with parallel economic and qualitative analyses: pilot study and protocol. Journal of BioMed Central, 8 (45). doi:10.1 186/1471-2296-8-45
Polonski, W.H., Fisher, L., Earles, J., Dudley, R.J., Lees, J., Mullan, J.T. & Jackson, R.A.(2005). Assessing psychological stress in diabetes. Diabetes Care. 28, 626 – 631.
Powers, M, Bardsley, J, Cypress, M, Duker, P, Funnell, M, Maryniuk, M., Siminerio, L, ., Vivian, E, The Diabetes Educator, Diabetes Care, and the Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. (2015). Volume XX, X, Diabetes Self-management Education and Support in Type 2 Diabetes: A Joint Position Statement of the American Diabetes Association, the American Association of Diabetes Educators, and the Academy of Nutrition and Dietetics. USA:the American Association of Diabetes Educators, the American Diabetes Association,
Roth, B., & Robbins, M. (2004). Mindfulness-Based Stress Reduction and Health-Related Quality of Life. Psychosomatic Medicine 66:113–123
Shadish, W.R., Cook, T.D., & Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized inference. Boston: Houghton Mifflin Company.
Sarafino, E. P. (2002). Health psychology: Biopsychosocial interactions. New York: John Wiley & Sons.
Shadish, W.R., Cook, T.D., & Campbell, D.T. (2002). Experimental and quasi-experimental design for generalized inference. Boston: Houghton Mifflin Company.
Sridhar, g.R & Madhu, K. (2002). Psychosocial and cultural issues in diabetes mellitus. Current VOL. 83, NO. 12,
Townsend, Ann. (2011). Occupational Therapy Now Volume 13.5. Working to Manage Chronic Illness in Daily Life. Lihat: https://www.caot.ca/otnow/sept%2011/working.pdf
DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v16i02.5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia
Telp : 021-5674223 ext 266