Gambaran Perilaku Faking pada Kegiatan Wawancara Kerja

Mukhaira El Akmal, Chichi Sirait, Theresia Agrifina Sinaga, Friska Ulina, Desi Restiani, Nopita Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tipe perilaku faking pada proses wawancara kerja yang dominan ditampilkan oleh kandidat di PT. X. Penelitian  kuantitatif ini dikembangkan dengan pendekatan deskriptif, dengan melibatkan  69 orang kandidat yang melamar di PT. X. Data penelitian dikumpulkan melalui melalui skala sikap perilaku faking yang dikemukakan oleh Levashina & Campion (2007). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa  tipe perilaku faking yang paling sering ditunjukkan oleh kandidat dalam penelitian ini adalah tipe Slight Image Creation dan tipe perilaku faking yang paling jarang ditunjukkan adalah Ingratiation. Penelitian ini bermanfaat sebagai gambaran bagi para pewawancara untuk mengenali tipe perilaku faking yang ditampilkan oleh kandidat dalam proses wawancara kerja. Pengumpulan data untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat disertai dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen.

 

Kata kunci :Perilaku menipu, Wawancara, Manajemen Kesan

 

Abstract

This study attempts to describe the type of faking behaviour in the job interview process that is dominant by candidates at PT.  X. This quantitative research is developed by descriptive approach, involving 69 candidates applying at PT.  X. The Research data were collected by using a rating scale of faking behaviour stated by Levashina & Campion (2007).  The results of the analysis of research data indicate the type of faking behavior that is most often shown by candidates in this study is Slight Image Creation and the type of faking behavior that is most rarely shown is Ingratiation. This research is useful for interviewers to support the type of faking behaviour shown by candidates in the job interview process. For further research, data collection is expected to be accompanied by in-depth interviews, observations, and document studies.

 

Keywords : Faking behaviour, Interview, Impression Management


Full Text:

PDF Indonesia

References


Azwar, S. (2004). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badriyah, M. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Pustaka Setia .

Bangun, W. (2012 ). Manajemen sumber daya manusia . Bandung: Erlangga.

Barrick, M. R., Shaffer, J. A., & DeGrassi, S. W. (2009). What you see may not be what you get: relationships among self-presentation tactics and ratings of interview and job performance. J. Appl. Psychol. 94, 1394–1411. doi: 10.1037/a0016532

Bourdage, J. S., Roulin, N., & Levashina, J. (2017). Editorial: ImpressionManagement and faking in job interviews. Editorial, 8, 1-4.

Ellis, A. P. J., West, B. J., Ryan, A. M., & DeShon, R. P. (2002). The use of impression management tactics in structured interviews: a function of question type? J. Appl. Psychol. 87, 1200–1208. doi: 10.1037/0021-9010.87.6.1200

Hadi, S. (2004). Analisis regresi . Yogyakarta: Andi offset.

Higgins, C. A., Judge, T. A., & Ferris, G. R. (2003). Influence tactics and work outcomes: a meta-analysis. J. Organ. Behav. 24, 89–106. doi: 10.1002/job.181

Kim, B. H. (2011). Deception and applicant faking: putting the pieces together. In G. P. Hodgkinson, & J. K. Ford, International review of industrial and organizational psychology (Vol. 26, pp. 240-292). Los Angeles: Willey-Blackwell.

Law, S. J., Bourdage, J., & O'Neill, T. A. (2016). To fake or not to fake : Antecendents to interview faking, warning instruction, and its impact on applicant reactions. original research, 7, 1-12.

Narbuko, C.,&Achmadi, H. A. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Orina,N.B. 2018. Impact of Individual Differences on Faking Behavior [Electronic Theses Dissertations]. Amerika Serikat (AS): South Dakota State University.

Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi: Asyik, Mudah & Bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pervin, L. A., Cervone, D., &Oliver, P. J. (2012). Psikologi kepribadian: Teori dan Penelitian (edisi ke-9). Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Prasmara, A., &Wijaya, N. H. (2017). Relations between big five personalities, motivation to fake, and applicant faking behavior. JMK, 19 (2), 85-90.

Primawestri, K, R., & A, R. (2016). Kepribadian honesty – huminity dan perilaku impression management pada karyawan dinas koperasi dan umkm prov. jawa tengah. Jurnal Empati, 5 (4), 780-785.

Priyanto, D. (2011). SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Simamora, H. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta Selatan: STIE YKPN.

Stevens, C. K., & Kristof, A. L. (1995). Making the right impression: a field study of applicant impression management during job interviews. J. Appl. Psychol. 80, 587–606. doi: 10.1037/0021-9010.80.5.587

Sugiyono. (2010). Metode penelitian . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suwahyu, M. (2017). Hubungan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar mahasiswa praktik kerja lapangan atau (PPL) dengan minat belajar siswa SMK Negeri 17 Samarinda. Psikoborneo, 5 (2), 414-7426.

Wahyuni, S., Hakam, M. S., & Iqbal, M. (2015). Analisis mekanisme seleksi berbasis pendekatan teori human capital. Jurnal Administrasi Bisnis, 21 (1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v18i01.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266