Pengaruh Adversity Quotient dan Dukungan Sosial terhadap Adaptabilitas Karir Siswa di SMK “X” Gresik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara adversity quotient dan dukungan sosial terhadap adaptabilitas karir siswa Kelas XII di SMK “X” Gresik. Variabel adversity quotient dalam penelitian ini menggunakan teori dari Stoltz (2007), dukungan sosial menggunakan teori Sarafino (2002) dan adaptabilitas karir menggunakan teori dari Savickas & Profeli (2012).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 162 siswa kelas XII pada salah satu sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Gresik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitiaan ini menggunakan alat ukur yang dikembangkan berdasarkan teori adversity quotient oleh Stoltz (2007), alat ukur dukungan sosial yang dikembangkan berdasarkan teori dari Sarafino (2002) dan Career Adapt-Abilities Scale Indonesia (CAAS-Indonesia) yang telah diadaptasi ke bahasa Indonesia oleh Sulistiani dkk. (2018). Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPPS 25.00 for windows.
Hasil uji regresi diketahui bahwa ada pengaruh adversity quotient dan dukungan sosial secara bersamaan terhadap adaptabilitas karir siswa Kelas XII di SMK “X” Gresik sebesar 16,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya diluar penelitian ini. Hasil uji regresi secara terpisah menunjukkan variabel bebas adversity quotient dimensi control dan dimensi endurance serta variabel bebas dukungan sosial dari teman berpengaruh signifikan terhadap adaptabilitas karir siswa Kelas XII di SMK “X” Gresik.
Full Text:
PDF IndonesiaReferences
Agustiani, H. (2006). Psikologi perkembangan: Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri remaja. Bandung: PT Refika Aditama
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2018.11.5). Keadaan ketenagakerjaan indonesia agustus 2018. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/11/05/1485/agustus-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-34-persen.html.
Chong, S., & Leong, F. T. L. (2015, Desember). Antecedents of career adaptability in strategic career management. Journal of Career Assessment, 25(2), 268-280. https://doi.org/10.1177/1069072715621522.
Cobb, S. (1976, September-Oktober). Social support as a moderator of life stress. Psychosomatic Medicine, 38(5), 300-314
Cohen, S. (1992). Stress, social support, and disorder. Veiel, H. O. F., & Baumann, U. (Eds.) The meaning and measurement of social support. (pp. 109-124). New York, NY: Hemisphere Press.
Dalton, J. H., Elias, M. J., & Wardersman, A. (2001). Community psychology, lingking individuals and communities. Balmont: Wadworth/Thomson Learning.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Depdiknas. (2019). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.
Fatmawiyati, J. (2018). Pengaruh big five personality dan learning goal orientation terhadap adaptabilitas karir siswa SMK negeri“x” Malang. Tesis (tidak dipublikasikan). Universitas Airlangga, Surabaya.
Guan, P., Capezio, A., Lloyd, S., Restubog, D., Read, S., Ann, J., & Li, M. (2016, Juni). The role of traditionality in the relationships among parental support, career decision-making self-efficacy and career adaptability. Journal of Vocational Behavior, 94, 114–123
Han, H., & Rojewski, J. W. (2015, Februari). Gender-specific models of work-bound korean adolescents’ social supports and career adaptability on subsequent job satisfaction. Journal of Career Development, Vol. 42(2), 149-164
Hardiyanto, Y., Sucihayati, R. B. (2018, Oktober). Hubungan adversity quotient dengan career decision adaptability pada koas angkatan 2015 FKG “X” di RSGM. Jurnal Psibernetika, 11(2) 79-90.
Hirschi, A. (2009, April) Career adaptability development in adolescence: Multiple predictors and effect on sense of power and life satisfaction. Journal of Vocational Behavior, 74(2) 145-155. doi:10.1016/j.jvb.2009.01.002
Hurlock, E. B. 1980. Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta : Gramedia.
Irianto, D. (2017). Industry 4.0: The challenges of tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang. 4-6 Oktober 2017
Johan., A. B. (2014). Peran pendidikan kejuruan dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Akademik Universitas Taman Siswa, 1-6
Koen, J., Klehe, U. T., & Viannen, A. E. M. V. (2012, Desember). Training career adaptability to facilitate a successful school-to-work transition. Journal of Vocational Behavior, 81(3), 395-408
Negru-Subtirica, O., Pop, E. I., & Crocetti, E. (2015, Juni). Developmental trajectories and reciprocal associations between career adaptability and vocational identity: A Three-wave longitudinal study with adolescents. Journal of Vocational Behavior, 88, 131-142
Palos, R., & Drobot, L. (2010, Januari). The impact of family influence on the career choice of adolescents. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3407–3411
Sarafino, E.P. (2002) Health psychology biopsychosocial interactions 4th ed. United Stated: John Wiley & Sons, Inc
Sarason, I. G., Levine, H. M., Basham, R. B., & Sarason, B. R. (1983). Assessing social support: The social support questionare. Journal of Personality and Social Psychology. 44 (1), 127-139
Savickas, M. L. (1997, Maret). Career adaptability: An integrative construct for life-span, life-space theory. The Career Development Quarterly, 45, 247-259
Savickas, M.L. & Porfeli, E.J. (2012, Juni) Career adapt-abilities scale: Construction, reliability and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behaviour, 80(3), 661-673. http://dx.doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.012
Schafer, R. (1973). Concepts of self and identity and the experience of separation-individuation in adolescence. The Psychoanalytic Quarterly, 42(1), 42–59.
Shalihah, A. N., Yudianto, K., & Hidayati. N. O. (2018, Februari). The relationship between adversity quotient and career adaptability of internship nursing students. Journal of Nursing Care. 1(1), 24-33
Sulistiani, W., Suminar, D. W., & Hendriani, W. (2018). the career adapt-abilities scale indonesian form: Psychometric properties and construct validity. Proceeding of the 4 International Conference on Education, 4(2), 1-9 doi: 10.17501/24246700.2018.4201
Stoltz, P. G. (2007). Adversity quotient: Mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta: Grasindo
Sung, T.K. (2017, Juli). Industri 4.0: A Korea perspective. Technological Forecasting and Social Change Journal, 132(C), 40-45.
Super, D. E. (1990). A life-span, life-space approach to career development. In D. Brown & L. Brooks (Eds.), Career choice and development: Applying contemporary theories to practice 2nd ed. 197-261. San Francisco: Jossey-Bass
Tian, Y., & Fan, X. (2014, Agustus). Adversity quotients, environmental variables and career adaptability in student nurses. Journal of Vocational Behaviour, 85, 251-257
Xing, X., & Rojewski, J. W. (2018, Agustus). Family influences on career decision-making self-efficacy of chinese secondary vocational students. New Waves Educational Research & Development 21(1), 48–67
Yahya, M. (2018). Era industri 4.0: Tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan indonesia. Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar pada tanggal 25 Oktober 2018
Zacher, H. (2014, April). Individual difference predictors of change in career adaptability over time. Journal of Vocational Behavior, 84(2) 188-198
DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v18i01.77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia
Telp : 021-5674223 ext 266