Gambaran Pola Pengasuhan, Disiplin, dan Komunikasi Orangtua terhadap Remaja di Kawasan Kumuh Penjaringan

Reneta Kristiani, Lita Patricia Lunanta, Aurelia Ardani

Abstract


Abstract

This research aimed to describe the parenting style that the parents had on their teenagers. This research was held in slum area of Penjaringan in DKI Jakarta. Total of 154 people became the participants in this research. This was a descriptive study that wants to explore the parenting style that parents implemented to their teenagers. Along with that we also explored about discipline and communication pattern and relation in family. We used questioners for information gathering and implemented observation, interview and focus group discussion. To analyze the data, we used a qualitative approach with a reflexive thematic analysis method. Most of the participant used authoritarian and permissive-indulgent parenting. Most of the fathers did not involve in their teenager’s live.The parents actually cared about their teenagers. Nevertheless, they implemented harsh communication style to their teenagers. The participants had  hope to be an ideal parent, but did not have any idea what to do. Further research needed to be done and actions had to be implemented in order to create a healthy and fully functioning family in the slum area of Penjaringan.

 

Keywords : Penjaringan, Slum Area, Discipline, Communication

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pola pengasuhan yang diterapkan orang tua pada anaknya yang sudah remaja. Penelitian ini dilakukan di kawasan kumuh Penjaringan di DKI Jakarta. Sebanyak 154 partisipan orangtua terlibat dalam penelitian. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang bertujuan untuk mengeksplorasi pola pengasuhan yang diterapkan orang tua pada anaknya. Sejalan dengan itu, peneliti juga mengeksplorasi pola disiplin dan komunikasi serta hubungan dalam keluarga. Peneliti menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan diskusi kelompok kecil (focus group discussion) untuk pengumpulan data. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis tematik reflektif. Sebagian besar partisipan orangtua menggunakan pola asuh authoritarian dan permissive-indulgent. Sebagian besar ayah dalam penelitian ini kurang terlibat dalam pengasuhan anaknya.. Sebenarnya para orangtuamengasihi dan peduli akan anak-anaknya. Namun demikian, mereka mengimplementasikan pola disiplin yang keras kepada anaknya yang remaja. Partisipan memiliki harapan untuk menjadi orang tua yang ideal namun tidak memahami bagaimana cara melakukannya. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan dan berbagai aksi sebaiknya diterapkan untuk menciptakan keluarga yang sehat dan berfungsi dengan baik pada daerah kumuh Penjaringan.

 

Kata Kunci : Pola Pengasuhan, Disiplin, Komunikasi Orang tua, Remaja, Kawasan Kumuh


Full Text:

PDF

References


Jatnika, Yanuar. (2018). Empat Strategi Orang Tua Kuatkan Komunikasi dengan Remaja. [online]. Lihat: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4671, diakses: Oktober 1, 2019.

Kuppens, S., & Ceulemans, E. (2019). Parenting styles: A closer look at a well-known concept. Journal of child and family studies, 28(1), 168-181.

Papalia, D.E. & Martorell, G. (2014). Experience Human Development, 13th Edition.USA:McGraw-Hill International Edition

Paramitha, A. A., & Nurdibyanandaru, D. (2013). Hubungan pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada remaja awal. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 64-70.

Partasari, Wieka Dyah., Lentari, Fransisca Rosa Mira., Ganjar, Mohammad Adi Priadi. (2017). Gambaran Keterlibatan Ayah dalam pengasuhan Anak Usia Remaja (Usia 16-21 Tahun). Jurnal Psikogenesis, Vol 5, No. 2.

Santrock, J. W. (2013). Life-Span Development (14th ed.). London, OH: McGraw Hill Higher Education.

Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Veryski, L., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Permissive Indulgent Dengan Asertivitas Pada Remaja Kelas VIII Di SMPN 13 Cirebon. Empati, 6(3), 146-153.




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v19i01.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266