STRESS AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER AWAL DAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR: STUDI KOMPARATIF DALAM SITUASI PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Pandemi COVID-19 masih berlangsung di Indonesia dan metode pembelajaran di jenjang Perguruan Tinggi masih belum sepenuhnya berubah. Metode blended learning yang diterapkan sebagian menyasar pada mahasiswa tingkat pertengahan yang melakukan praktikum, namun belum menyasar pada mahasiswa semester awal yang baru memasuki bangku perkuliahan dan juga mahasiswa tingkat akhir yang memerlukan interaksi intens dengan subjek penelitian dan juga dosen pembimbing. Kesulitan yang dihadapi dua kelompok ini rentan mengakibatkan stress akademik. Penelitian ini bermaksud untuk melihat perbandingan stress akademik antara mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir. Partisipan dalam penelitian ini adalah 45 orang mahasiswa tingkat awal (semester 1-2) dan 45 orang mahasiswa tingkat akhir yang sudah mengambil tugas akhir (semester 7 ke atas). Instrumen dalam penelitian ini adalah Student-Life Stress Inventory milik Gadzella (1994) yang terdiri dari 51 item dengan alpha Cronbach = .945. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, tidak terdapat perbedaan stress akademik antara mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir. Ketika dilakukan kategorisasi tingkat stres, diketahui bahwa sebanyak 70% mahasiswa memiliki tingkat stress di kategori tinggi. Uji matriks korelasi antar kedua jenis stress akademik, yaitu stressor dan reaksi stress, diperolah hasil bahwa dimensi perubahan berkorelasi paling tinggi dengan reaksi stress, dan dimensi yang paling berkorelasi dengan stressor adalah emosional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aihie, Osenweugwor Ngozi& Ohanaka, Osenweugwor Ngozi (2019). Perceived Academic Stress among Undergraduate Students in a Nigerian University. Journal of Educational and Social Research Vol. 9 No. 2 May 2019. Doi: 10.2478/jesr-2019-0013
Akmal, S. Z., & Kumalasari, D. (2021). Online learning readiness and well-being in Indonesian college students during pandemic: Academic stress as a moderator. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu206
Gadzella, Bernadette M. (1994) Student-Life Stress Inventory: Identification of and Reactions to Stressors. East Texas State University: Psychological Reports, 1994, 74, 395-402
Harvey, L. (2017). Language learning motivation as ideological becoming. System, 65, 69-77. DOI: 10.1016/j.system.2016.12.009
Jun, M.; Lee, S.; Shim, T. (2021) First-Year College Student Life Experiences during COVID-19 in South Korea. Int. J. Environ. Res. Public Health 2021, 18, 9895. https:// doi.org/10.3390/ijerph18189895
Lazarus, R.S. & Folkman, S., (1984.) Stress, Appraisal and Coping. New York: Springer Publishing Company.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (2021). Surat Edaran Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 4 Tahun 2021
Moawad, Ruba Abdelmatloub (2020). Online Learning during the COVID-19 Pandemic and Academic Stress in University Students. Romanian Journal for Multidimensional Education. Issue No. 1 Sup2/XII page 100-107
Oluwasuji Dada, Joshua, et al. (2019) Assessment of Academic Stress and Coping Strategies Among Built Environment Undergraduate Students in Nigerian Higher Education. Journal of Applied Research in Higher Education Vol. 11 No. 3, 2019 pp. 367-378 DOI 10.1108/JARHE-06-2018-0100
Prahastia Kurnia Putri (2020). Coping Stress pada Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. Draft Jurnal
Ye, Z., Yang, X., Zeng, C., Wang, Y., Shen, Z., Li, X., & Lin, D. (2020). Resilience, Social Support, and Coping as Mediators between COVID-19-related Stressful Experiences and Acute Stress Disorder among College Students in China. Applied psychology. Health and well-being, 12(4), 1074–1094. https://doi.org/10.1111/aphw.12211
Ramadhani, Zahra & Putri, Prahastia Kurnia (2021) Hubungan Self Compassion dengan Stress Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana yang Sedang Menyusun Skripsi di Masa Pandemi COVID-19. Tugas akhir
Syahril; Janna, Sitti Riadil ; Fatimah (2021) The Academic Stress of Final-Year Students in Covid-19 Pandemic Era. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2021) DOI: 10.35445/alishlah.v13i1.407
Wuthrich, V.M., Jagiello, T. & Azzi, V. Academic Stress in the Final Years of School: A Systematic Literature Review. Child Psychiatry Hum Dev 51, 986–1015 (2020). https://doi.org/10.1007/s10578-020-00981-y
Zamroni; Hidayah, Nur; Ramli, M.; dan Hambali, IM (2019). Academic Stress and its Sources among First Year Students of Islamic Higher Education in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 5, Issue 4, Special Edition: ICET Malang City
DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i2.232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia
Telp : 021-5674223 ext 266