KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE DITINJAU DARI MOTIVASI EMOSIONAL KONSUMEN DEWASA AWAL

Citra Pratiwi, Aisyah Ratnaningtyas, Amalia Adhandayani

Abstract


Saat ini berbelanja online mulai banyak disukai masyarakat, karena hal tersebut dapat memberikan kemudahan untuk kehidupan sehari-hari.  Terdapat banyak produk yang ditawarkan dari toko online salah satunya adalah produk fashion. Produk fashion merupakan produk yang paling diminati oleh kelompok usia dewasa awal dan usia dewasa awal juga yang menduduki peringkat tertinggi dalam melakukan pembelian secara online. Secara umum, sebagian besar pada usia ini sudah memiliki penghasilan sendiri, sehingga keputusan untuk membeli suatu produk pun cenderung meningkat. Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang mengambil keputusan pembelian adalah motivasi emosional konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi emosional konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online pada dewasa awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal komparatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 300 responden. Pada skala motivasi emosional konsumen memiliki nilai (α) = 0,924 dengan 32 aitem dikatakan valid, dan skala keputusan pembelian didapatkan nilai (α) = 0,967 dengan 25 aitem yang valid. Hasil uji regresi linear menunjukkan terdapat pengaruh negatif motivasi emosional konsumen terhadap keputusan pembelian dengan sig. (p) 0,000 dan Y = 97,588 - 0,545X. Motivasi emosional konsumen memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 39,9% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain. Dewasa awal yang memiliki motivasi emosional tinggi sebanyak 53% dan keputusan pembelian yang tidak tepat sebanyak 54,3%.

Keywords


Motivasi Emosional Konsumen, Keputusan Pembelian, Belanja Online, Produk Fashion, Dewasa Awal

Full Text:

PDF

References


Ameta, A. (2012). Hubungan kontrol diri dan keputusan membeli produk diskon. (Skripsi). Diambil dari https://dspace.uii.ac.id/

Anggraini, I. (2019). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif online shopping pada wanita usia dewasa awal. (Skripsi). Diambil dari http://repository.unj.ac.id/

Annur, C. M. (2022). Fesyen dan pakaian olahraga, produk paling laris saat harbolnas 2021. Databoks.co.id. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/

Astari, D. A. C., & Nugroho, C. (2017). Motivasi pembelian impulsif online shopping pada instagram. Jurnal Komunikasi, 5(2), 33–46. Diambil dari http://journal.uad.ac.id/

Catriana, E. (2021). Survei: 73 persen konsumen RI menilai belanja online lebih mudah dibandingkan belanja di toko. Kompas.com. Diambil dari https://money.kompas.com/

DataIndonesia.id. (2022). Inilah komposisi penduduk Indonesia berdasarkan usia. DataIndonesia.id. Diambil dari https://dataindonesia.id/

Dewandari, B. P., & Putri, E. T. (2021). Pengaruh citra tubuh dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada wanita dewasa awal di kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 402–416. Diambil dari http://e-journals.unmul.ac.id/

Fadllillah, A. S. (2021). Pengaruh persepsi terhadap iklan dengan keputusan pembelian secara online (Studi pada mahasiswa pengguna shopee di Ungaran). (Skripsi). Diambil dari https://eprints.walisongo.ac.id/

Fitri, A. N. (2021). Harbolnas berhasil mencatatkan nilai transaksi sekitar Rp 18,1 triliun. Kontan.co.id. Diambil dari https://newssetup.kontan.co.id/

Fitriani, D. (2019). Pengaruh gender terhadap keputusan pembelian produk online (Studi kasus terhadap masyarakat Pontianak. Jurnal Sistem Informasi, 12(1), 99–107.

Hakim, F. F. (2017). Pengaruh motif rasional dan motif emosional terhadap keputusan pembelian sepatu sepak bola specs di keanggotaan persis Solo. Jurnal FEB, 6(2).

Hasan, I. (2019). Pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian makanan online pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi). Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/

Hasya, R. (2022). Pakaian jadi barang yang paling sering dibeli masyarakat Indonesia ketika belanja online. GoodStats.id. Diambil dari https://goodstats.id/

Hidayat, A. A. N. (2020). 85 persen konsumen e-commerce berasal dari generasi z dan milenial. Tempo.co. Diambil dari https://bisnis.tempo.co/

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan dalam suatu rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ihalauw, Prof. John. J.O.I., & Prasetijo, D. R. (2004). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi.

Khairunnisa, A. B. (2020). Peranan perilaku pembelian produk fashion branded terhadap kepercayaan diri pada dewasa awal. (Skripsi). Diambil dari http://repository.untar.ac.id/

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran (principles of marketing), edisi 12 (Bahasa Indonesia) jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi ke tiga belas jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kristo, F. Y. (2020). Riset belanja online: Wanita lebih sering, pria lebih boros. DetikInet.com. Diambil dari https://inet.detik.com/

Lestari, S. (2020). Analisis konstruk fashion involvement remaja pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Psikologi, 11(2), 125–223. Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/

Muazam, A. R. (2020). Transaksi e-commerce didominasi generasi z dan milenial. Alinea.id. Diambil dari https://www.alinea.id/

Nisa, N. D. K. (2020). Pengaruh celebrity endorser terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa psikologi universitas islam negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi). Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/

Oktavianingsih, S. (2019). Hubungan antara emosi positif dengan impulsive buying terhadap pakaian pada remaja putri. (Skripsi). Diambil dari http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan), edisi kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Populix.co. (2020). Begini kebiasaan generasi z Indonesia belanja pakaian di e-commerce. Populix.co. Diambil dari https://info.populix.co/

Populix.co. (2021). Menelusuri lebih jauh tren belanja online masyarakat Indonesia. Populix.co. Diambil dari https://info.populix.co/

Prasetyaningtyas, K., & Indrawati, E. S. (2015). Harga diri dan intensi membeli produk fashion pada mahasiswi jurusan manajemen fakultas ekonomika dan bisnis. Jurnal Empati, 4(4), 180–185.

Pratama, O. R., Ratnaningtyas, A., & Adhandayani, A. (2021). Pengaruh motivasi emosional konsumen terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee Indonesia pada dewasa awal. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(3), 23-32.

Pusparisa, Y. (2019). 96% pengguna internet di Indonesia pernah menggunakan e-commerce. Databoks.co.id. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/

Rahayu, F. (2022). Analisis perkembangan trend fashion terhadap sikap konsumsi pembelian pakaian muslimah syar’i. Kompasiana.com. Diambil dari https://www.kompasiana.com/

Respati, S. (2022). Ingin tingkatkan penjualan, brand lokal ramai-ramai manfaatkan live streaming sales di tiktok. Kompas.com. Diambil dari https://www.kompas.com/

Ridayani, N. (2017). Perilaku konsumtif pekerja kantoran pada online shopping fashion Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. (Skripsi). Diambil dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/

Salamah, M. (2019). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja pakaian online pada mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik. (Skripsi). Diambil dari http://eprints.umg.ac.id/3002/

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku konsumen, edisi ke tujuh. Jakarta: PT. Indeks.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Solichah, N., & Dewi, D. K. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 6(3), 1–8. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahira, R., Khatijatusshalihah, Rachmatan, R., & Afriani. (2021). Hubungan religiusitas dengan pembelian impulsif dalam belanja online pada perempuan yang bekerja di Banda Aceh. Jurnal Psikologi, 6(1), 70–79.

Tempo.co. (2021). Rahasia bisnis jeans lokal jiniso. Tempo.co. Diambil dari https://inforial.tempo.co/




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i2.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266