Sense of Community Pada Komunitas YourRaisa Surabaya

Muhammad Fitrah Ramadhan Umar, Suryanto Suryanto

Abstract


Komunitas merupakan sekumpulan individu yang memiliki hubungan antara satu anggota dengan anggota lain yang memiliki hobi, minat dan kepentingan yang sama. Suatu komunitas diharapkan mempunyai ikatan hubungan emosional yang biasa disebut sense of community. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sense of community pada komunitas YourRaisa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsic. Fokus penelitian ini yaitu gambaran sense of community pada anggota YourRaisa Surabaya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang anggota YourRaisa Surabaya. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis tematik dengan koding terhadap hasil wawancara yang telah dibuat dalam bentuk verbatim. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian anggota komunitas YourRaisa Surabaya telah memiliki perasaan sebagai anggota dalam YourRaisa Surabaya, namun sebagian anggota belum memiliki rasa memiliki dikarenakan anggota tersebut hanya hadir ketika mendekati konser dari Raisa sedangkan pada pertemuan bulanan tidak hadir. Orang-orang yang berpengaruh di Komunitas YourRaisa Surabaya telah memberikan kontribusi yang baik untuk komunitas, dan pemenuhan kebutuhan dari anggota masih kurang terealisasi dikarenakan beberapa anggota baru beranggapan bahwa dengan masuk ke komunitas ini mereka dengan mudah dapat bertemu Raisa.

Kata Kunci: Sense of Community, YourRaisa, dan Komunitas


Full Text:

PDF

References


Karina, S. M. (2012). Pengaruh Keterbukaan Diri terhadap Penerimaan Sosial pada Anggota Komunitas Backpacker Indonesia Regional Surabaya dengan Kepercayaan terhadap Dunia Maya sebagai Intervening Variabel. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial.

Kolen, M. J., & Hendrickson, A. B. (2013). APA Handbook of Testing and Assessment in Psychology. APA Handbook of Testing and Assessment in Psychology, Vol. 3: Testing and Assessment in School Psychology and Education. https://doi.org/10.1037/14049-000

McMillan, D. W., & Chavis, D. M. (1986). Sense of community: A definition and theory. Journal of Community Psychology. https://doi.org/10.1002/1520-6629(198601)14:1<6::AID-JCOP2290140103>3.0.CO;2-I

Raviv, A., Bar-Tal, D., Raviv, A., & Ben-Horin, A. (1996). Adolescent idolization of pop singers: Causes, expressions, and reliance. Journal of Youth and Adolescence. https://doi.org/10.1007/BF01537358

Rengganis, D. (2016). KONTRIBUSI IDENTITAS SOSIAL TERHADAP KONFORMITAS PADA PENGGEMAR K-POP. Jurnal Ilmiah Psikologi.

Sarason, S. B. (1976). Community psychology, networks, and Mr. Everyman. The American Psychologist. https://doi.org/10.1037/0003-066X.31.5.317




DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v17i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia

Telp : 021-5674223 ext 266