PELATIHAN ASSERTIVE DAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMA DI SIDOARJO
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adams, L., & Lenz, E. (1995). Be Your Best–Jadilah Diri Anda Sendiri. Terjemahan. Jakarta: PT. Gramedia.
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arumsari, C. (2017). Strategi konseling latihan asertif untuk mereduksi perilaku bullying. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(1), 31–39.
Aryani, F., & Bakhtiar, M. I. (2018). Effect of assertive training on cyber bullying behavior for students. Konselor, 7(2), 78–88.
Azis, A. R. (2015). Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan perilaku asertif siswa korban bullying. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 8–14.
Beale, A. V, & Hall, K. R. (2007). Cyberbullying: What school administrators (and parents) can do. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 81(1), 8–12.
Cawood, D. (1997). Manajer yang asertif terampil mengelola orang dan efektif dalam komunikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Flourensia Sapty Rahayu. (2013). CYBERBULLYING SEBAGAI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Sistem Informasi, (43), 22–31. Retrieved from https://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/321
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2010). Bullying, cyberbullying, and suicide. Archives of Suicide Research, 14(3), 206–221.
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2014). Bullying beyond the schoolyard: Preventing and responding to cyberbullying. Corwin Press.
Parlindungan, M., & Sapto, A. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. APJII. Jakarta.
Prastuti, E., Utami, S. W., Radjah, C. L., & Triyono, T. (2009). Survei: Sikap, Perilaku Seks Pranikah serta Asertivitas Hubungan Heteroseksual Remaja di Jawa Timur (Implikasinya pada Pendidikan Seks di Kalangan Remaja). Jurnal Penelitian Kependidikan, 14(1).
Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying sebagai dampak negatif penggunaan teknologi informasi. Journal of Information Systems, 8(1), 22–31.
Raskauskas, J., & Stoltz, A. D. (2007). Involvement in traditional and electronic bullying among adolescents. Developmental Psychology, 43(3), 564.
Rohmawati, Z., & Christiana, E. (2018). Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Self-Esteem Korban Cyberbullying Pada Siswa. Jurnal BK UNESA, 8(2).
Sunardi, P. L. B. (n.d.). LATIHAN ASERTIF.
Van Der Vorst, H., Engels, R. C. M. E., Meeus, W., & Deković, M. (2006). The impact of alcohol‐specific rules, parental norms about early drinking and parental alcohol use on adolescents’ drinking behavior. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 47(12), 1299–1306.
Vandebosch, H., Van Cleemput, K., Mortelmans, D., & Walrave, M. (2006). Cyberpesten bij jongeren in Vlaanderen.[Cyberbullying amongst youngsters in Flanders]. Brussels: viWTA.
Wolak, J., Mitchell, K., & Finkelhor, D. (2006). Online Victimization of Youth: Five Years Later. Juvenile Justice, 96. https://doi.org/329
Ybarra, M. L., & Mitchell, K. J. (2004). Online aggressor/targets, aggressors, and targets: A comparison of associated youth characteristics. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 45(7), 1308–1316.
DOI: https://doi.org/10.47007/jpsi.v18i02.95
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510 Indonesia
Telp : 021-5674223 ext 266